VIVABOLA

Daftar 14 Negara yang Lolos Piala Dunia 2014

4 negara memastikan lolos dini hari tadi.
Sabtu, 12 Oktober 2013
Oleh : Luzman Rifqi Karami
Timnas Jerman merayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2014

VIVAbola - Perhelatan Kualifikasi Piala Dunia 2014 sudah memasuki tahap akhir. Satu per satu negara sudah memastikan diri lolos ke putaran final yang akan berlangsung di Brasil tahun depan.

Sebanyak 14 tiket dari total 32 tiket sudah berhasil dipastikan. Empat negara berhasil lolos usai bertanding dini hari tadi, menyusul 10 negara lainnya yang sudah terlebih dahulu lolos.

Di zona Eropa atau UEFA, tiga negara berhasil lolos dini hari tadi, menyusul langkah Belanda dan Italia. Ketiga negara itu adalah Belgia, Swiss, dan Jerman.

Di grup A, Belgia yang bermaterikan pemain-pemain top Eropa dari mulai Marouane Fellaini, Romelu Lukaku, dan Vincent Kompany tak mampu dibendung lawan-lawannya. Dua gol Lukaku ke gawang Kroasia membuat Belgia menang 2-1 dan memastikan tiket ke Brasil.

Dengan 25 poin dan hanya menyisakan satu laga, poin mereka sudah tak mungkin terkejar Kroasia yang mengumpulkan 17 poin. Sedangkan Kroasia yang menempati posisi kedua dipastikan merebut tiket play-off.

Hasil gemilang juga diraih Jerman di grup C. Der Panzer memastikan langkah usai membungkam Republik Irlandia 3-0. Tim besutan Joachim Loew begitu perkasa dengan 25 poin dari 9 laga. Swedia yang mengumpulkan 20 poin harus puas menempati tiket play-off.

Satu tim Eropa lain yang memastikan lolos adalah Swiss. Schweizer Nati menjadi jawara grup E usai menundukkan tuan rumah Albania 2-1. Torehan 21 poin Swiss sudah tak mungkin dikejar Islandia yang mengumpulkan 16 poin.

Di zona Amerika Selatan atau CONMEBOL, Kolombia sukses menyusul Argentina lolos ke Piala Dunia tahun depan. Tim besutan Jose Pekerman memastikan tiket setelah bermain imbang 3-3 dengan Chile lewat partai yang dramatis.

Bertanding di Estadio Metropolitano Roberto Meléndez, Kolombia harus tertinggal 0-3 terlebih dahulu karena gol penalti Arturo Vidal dan dua penalti Alexis Sanchez. Namun, akhirnya mereka sukses menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Gol Teofilo Gutierrez dan dua gol penalti Radamel Falcao memastikan langkah Kolombia ke Brasil


Berikut 14 negara yang sudah mengantongi tiket Piala Dunia

Tuan rumah: Brasil
Zona AFC (Asia): Jepang, Australia, Iran, Korea Selatan
Zona UEFA (Eropa): Belanda, Italia, Belgia, Swiss, Jerman
Zona CONCACAF (Amerika Utara dan Karibia): Amerika Serikat, Kosta Rika
Zona CONMEBOL (Amerika Selatan): Argentina, Kolombia (eh)

TERKAIT
TERPOPULER