VIVABOLA

City Vs MU: Derby Paling Mahal di Dunia

Total harga pemain kedua tim mencapai harga mencengangkan: Rp9 triliun
Minggu, 22 September 2013
Oleh : Anry Dhanniary
Manchester United vs Manchester City

VIVAbola - Derby Manchester akan memasuki edisi ke-166 pada Minggu malam nanti, 22 September 2013. Ternyata pertemuan antara Manchester City dan Manchester United menjadi derby paling mahal di dunia.

Saat ini, menurut Manchester Evening News, tim inti yang kemungkinan besar bakal diturunkan Manuel Pellegrini dan David Moyes memiliki total banderol mencapai £386,9 juta, atau setara dengan Rp7 triliun. Itu sudah termasuk pilar-pilar anyar mereka, seperti Fernandinho, Jesus Navas, dan juga Marouane Fellaini.

Jumlah itu tercatat sebagai dua tim rival sekota yang paling mahal dibanding liga mana pun. Angka ini naik dibanding pertemuan terakhir kedua tim di Old Trafford pada April lalu. Saat itu, jumlah pengeluaran dari 22 pemain inti kedua tim adalah £312,4 juta (Rp5,6 triliun).

Pembelian terakhir MU seharga £27,5 juta yakni Fellaini dari Everton, menjadi pembeda. Begitu juga pembelian Pellegrini dibanding skuad milik Roberto Mancini di musim kemarin. Total, ManCity membeli lima pemain di bursa transfer musim panas lalu.

Ini baru pemain inti saja, belum dihitung para pemain yang kemungkinan besar duduk di bangku cadangan. Total, nilai pasukan Manchester bisa mencapai setengah miliar poundsterling (Rp9 triliun), jadi yang termahal di sebuah kota.

Dibandingkan dengan Real Madrid, total harga tim Los Blancos memang mencapai £333 juta. Itu sudah dengan pemain termahal dunia, Gareth Bale. Namun, skuad seharga £37,1 milik Atletico gagal membuat Madrid sebagai kota dengan derby termahal. (one)

TERKAIT
TERPOPULER