Pilih Tim Anda
Daftar

Rusuh di Laga Persija Vs Persib, Ini Kata Menpora

Menpora akan berupaya menjalankan semua pertandingan tanpa kekerasan.
Jum'at, 30 Agustus 2013, 04:15 WIB
Luzman Rifqi Karami, Ibnu Roy Kumar
Klub
Menpora Roy Suryo (VIVAbola/Anhar Rizki Affandi)
VIVAbola - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, angkat bicara soal insiden bentrokan antar suporter yang terjadi pada pertandingan Persija kontra Persib, Rabu 28 Agustus 2013. Dia mengakui bahwa memang terjadi insiden bentrokan antar suporter pada laga panas antar Persija dan Persib di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

"Kemarin kalau dikatakan ada insiden, iya memang benar ada. Insiden itu terjadi mungkin karena penertiban penonton yang masih kurang. Bahkan kemarin sempat ada pemain Persija yang sempat dilempari di lapangan, itu karena pengamanannya juga kurang," ungkap Roy Suryo saat ditemui di Kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga.

Menpora berujar dirinya memberanikan diri mengambil risiko untuk turun langsung ke lapangan guna meredam kekisruhan antar suporter. Sebelumnya laga Persija kontra Persib sempat dihentikan pada menit ke- 17 akibat insiden bentrokan antar suporter di tribun penonton.

"Dalam pertandingan kemarin, saya yang mengambil risiko itu dan saya sudah berbicara dengan panpel Persija sebelumnya dan akhirnya mereka berterima kasih karena berhasil meredakan situasi. Kemarin itu sebenarnya juga sempat panik karena petasan meledak di dekat saya. Ada juga batu melayang di dekat saya tapi saya mengabaikan protokol dan terjun langsung ke lapangan," tutur Roy Suryo.

"Saya juga bilang saya yang akan bertanggung jawab agar pertandingan itu bisa dilanjutkan, makanya saya turun langsung ke lapangan dan kemudian alhamdulillah akhirnya berhasil membuat suasana menjadi kondusif," tambahnya.

Menpora yang juga seorang pakar telematika tersebut juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak takut terhadap hal-hal yang berbau ancaman atau kekerasan di setiap pertandingan olahraga.

"Saya mengajak semua masyarakat Indonesia untuk menerima kondisi dan kenyataan bahwa kita tidak mau terus menerus dihadapkan pada situasi ketakutan dalam setiap acara olahraga. Apa kita rela para pemain setiap ingin bertanding dimasukkan ke dalam baracuda kemudian semua pertandingan digelar tanpa penonton," ujar Roy Suryo.

Ketika ditanya mengenai pertandingan Persija dan Persib ke depannya, beliau  mengaku telah menerima pernyataan dari Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono. Selain itu Menpora dengan tegas mengatakan akan terus berusaha menjalankan semua pertandingan olahraga tanpa adanya kekerasan.

"Saya secara langsung telah mendengar pernyataan Pak Joko Driyono. Dia menyatakan pertandingan kemarin berjalan dengan baik. Kita tentunya tidak ingin suatu pertandingan di Indonesia itu menjadi mencekam, saya sangat menolak segala bentuk kekerasan dan kita harus lawan segala bentuk kekerasan," tegasnya.

© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com