VIVABOLA

Van Dijk Sayangkan Bentrok Suporter Persija dan Persib

"Kalau ini terjadi terus menerus maka saya tidak bersedia bermain."
Kamis, 29 Agustus 2013
Oleh : Luzman Rifqi KaramiDaru Waskita (Yogyakarta)
Kerusuhan di laga Persija vs Persib
VIVAbola - Kerusuhan sempat mewarnai jalannya pertandingan antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu 28 Agustus 2013. Laga klasik ini berakhir dengan skor imbang 1-1.

Wasit samapi menghentikan 2 kali pertandingan penuh gengsi ini pada babak pertama dan kedua. Perang dengan mercon dan baru antar suporter Viking dan Jakmania yang duduk di tribun timur dan barat tak terelakkan lagi.

Akibat kerusuhan ini, beberapa pemain merasa terancam keselamatannya. Apalagi tercapat lemparan benda baik, botol minuman, batu maupun petasan. Menpora yang ikut menyaksikan pertandingan juga harus dievakuasi dari tribun VVIP agar tidak terkena sasaran lembaran. Menpora juga menyesalkan tindakan dari kedua kubu yang tak bisa didamaikan lagi.

Lontaran kekecewaan juga diucapkan oleh striker Persib Bandung, Sergio Van Dijk. Pemain naturalisasi timnas Indonesia ini menilai tingkah laku suporter telah membahayakan nyawa pemain saat bermain bola di lapangan.

"Saya mengetahui ada satu pemain terkena lemparan benda dari supporter. Ini sangat mengancam keamanan pemain," kata Van Dijk.

Pencetak gol tunggal bagi Persib Bandung ini mengaku dirinya tidak akan lagi besedia bermain jika keselamatan pemain terancam oleh ulah suporter.

"Kalau ini terjadi terus menerus maka saya tidak bersedia bermain karena keselamatan saya dan pemain lainnya terancam," ungkapnya

Van Dijk juga mempertanyakan keamanan yang seharusnya ditangani oleh panitia pertandingan. Dengan mudahnya suporter masuk lapangan bola, melompat pagar pembatas tribun sehingga terjadi bentrok antar suporter.

"Harus pihak keamanan menjaga agar penonton tak bisa melempar benda ke dalam lapangan, melakukan penyerangan terhadap suporter lain seperti yang terjadi tadi," keluhnya

Lebih lanjut, Van Djik juga telah mengetahui bahwa suasana pertandingan akan panas antar suporter. Namun demikian pemain yang bermain tidak punya masalah dan berhubungan baik.

"Saya sudah memperkirakan kejadian ini akan berlangsung. Saya tetap menyesalkan kejadian ini. Bagaimana kita akan maju apabila tingkah laku supporter masih seperti ini," ucap Van Dijk.
TERKAIT
    TERPOPULER