Pilih Tim Anda
Daftar

Deretan Pemain Keturunan Indonesia-Belanda

Salah satunya bek timnas Belanda. Kakeknya asal Belitung
Jum'at, 7 Juni 2013, 01:56 WIB
Nadia Hutami
Klub
Pemain Bintang
Johnny Heitinga (kiri) (zimbio.com)

VIVAbola - Tim nasional Belanda akan menghadapi timnas Indonesia di laga ujicoba, Jumat 7 Juni 2013 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK). Tim yang dilatih Louis van Gaal ini sudah tiba hari Rabu kemarin, 5 Juni 2013 di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Dari pemain yang dibawa Van Gaal, ada satu pemain yang sudah "mengenal" Indonesia. Dia adalah John Heitinga, meski belum pernah mengunjungi Indonesia, tapi Heitinga memiliki garis keturunan Indonesia. Kakeknya, Gijsbert Johanes Heitinga berasal dari Pulau Belitung. Sementara sang ayah, Rob lahir di Jakarta.

Dia pun sempat mengungkapkan kegembiraannya lewat akun Twitter miliknya, @johnheitinga dalam bahasa Indonesia yang fasih.

"Dengan tim #Belanda ke #Indonesia. Saya senang. RT jika Anda seperti saya untuk datang ke tanah kakek dan ayah saya," tulisnya ketika itu.

Begitu menginjakkan kakinya di Indonesia, Heitinga juga sempat menuliskan status dalam akun Twitter. "Akhirnya ... Sebuah momen khusus. Mendarat di #Indonesia di mana kakek dan ayah saya lahir," tulis Heitinga.

Selain Heitinga, ada beberapa pemain Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia. Diantaranya adalah:

Roy Makaay
Pemain yang pernah bermain untuk Bayern Munich ini memiliki garis keturunan dari sang ibu yang asli Maluku. Mendapat julukan The Phantom dari rekan-rekannya di Bayern, Makaay mempersembahkan dua gelar Bundesliga untuk Bayern serta satu gelar La Liga untuk Deportivo La Coruna.

Giovanni van Bronckhorst
Mantan kapten timnas Belanda ini merupakan pemain keturunan Maluku. Mantan pemain Barcelona ini juga bisa bicara bahasa Indonesia dengan aksen Indonesia timur. Ia mengaku sering berbicara bahasa Indonesia dengan sang ibu yang asli Maluku.

Denny Landzaat

Bernama lengkap Denny Domingues Landzaat. Pemain yang masuk skuad Belanda untuk Piala Dunia 2006 ini merupakan keturunan Maluku dari pihak ibu. Terakhir dia membela klub FC Twente dan berposisi sebagai second striker.

Selain nama-nama diatas, ada juga pemain Belanda yang sudah dinaturalisasi untuk bermain di timnas Indonesia:

Parade Tato Pemain Timnas

Raphael Maitimo
Gelandang Mitra Kukar ini lahir di Rotterdam. Ketika masih remaja, Maitimo pernah setim dengan Wesley Sneijder dan Arjen Robben di timnas Belanda U17. Dia juga satu tim dengan Robin van Persie ketika keduanya bermain di Akademi Feyenoord.

Sergio van Dijk
Striker Persib Bandung ini memiliki darah keturunan dari sang ibu. Pemain yang pernah bermain untuk FC Groningen ini kini sudah menjadi salah satu pemain Skuad Garuda. Debutnya untuk timnas datang saat menghadapi Arab Saudi pada 23 Maret 2013.

Irfan Bachdim

Irfan Bachdim
Siapa yang tidak mengenal Bachdim. Pemain yang sangat dikenal di Indonesia ini memiliki ibu yang berasal dari Belanda. Dia sempat bersinar di Piala AFF 2010. Saat ini Irfan bermain untuk tim Thailand, Chonburi.

Tonie Cussel
Tonie yang berposisi gelandang merupakan pemain yang memiliki keturunan Maluku. Saat ini dia bermain untuk Ajax Amateurs. Dia juga sepupu dari Stefano Lillipaly.

Jhon van Beukering
Pemain yang berposisi sebagai striker ini memulai debutnya untuk Skuad Garuda saat menghadapi Timor Leste, 14 November 2012. Di laga tersebut dia membuat assist untuk Bambang Pamungkas. van Beukering juga masuk dalam skuad Indonesia di Piala AFF 2012.

Selain pemain-pemain tersebut, juga ada dua pemain naturalisasi yang sayangnya belum pernah bermain untuk timnas Indonesia. Mereka adalah Stefano Lilipaly dan Joey Suk.

Lilipaly membuat sensasi di debutnya bersama FC Utrecht ketika dia mencetak gol melawan PSV Eindhoven pada Januari 2012. Saat ini dia bermain di Almere City. Sementara Suk sempat dipanggil untuk turnamen SEA Games, tapi sayangnya dia belum terpilih untuk masuk timnas. (ren)



© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
  • @izakpiter

    7 Juni 2013
    selamat datang di negara beta khusus buat anak2 timnas belanda yang asal maluku. dangke lai su datang liat kamong pung tanah asal. katong bangga dengan kamong walau kamong jauh di negeri orang tapi seng lupa tanah leluhur. I Love Maluku
  • mantaplah,,,kedua negara punya historis..... #NAMUN GIMANA DGN CONFEDERASI CUP DAN PIALA DUNIA 2014 NANTI,,? GIMANA RAKYAT AKAR RUMPUT MO MILIH ARB, KALO TAYANGAN ITU BAKALAN DIACAK???? MOHON DIPERTIMBANGKAN, BANG ARB!!!!
  • @msyarwani.syarwani

    7 Juni 2013
    Doakan indonesia biar tambah berkulitas...dan....maju....indonsia...kalah adalah belajar..
  • @dimazjanu

    7 Juni 2013
    wkwkwk. ini mah nostalgia. tp baguslah. kita lupakan masa lalu. lebih baik bersahabat.
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com