VIVABOLA

Mantan Striker Timnas Terjun ke Dunia Politik

Ia mendaftar sebagai calon legislatif dari partai PKB.
Senin, 22 April 2013
Oleh : Marco TampubolonHarry Ondo Saragih (Medan)
Saktiawan Sinaga

VIVAbola - Satu lagi pesepakbola Indonesia memilih terjun ke dunia politik. Setelah Jack Komboy terpilih sebagai anggota DPRD Papua, kini giliran Saktiawan Sinaga yang memutuskan untuk mendaftar sebagai calon legislatif (caleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sakti berniat maju pada pemilihan umum (Pemilu) 2014 mendatang. Menurut Sakti, pilihan tersebut merupakan panggilan hati. "Ya, saya memilih terjun ke dunia politik sebagai Caleg PKB," ujar Sakti saat dikonfirmasi mengenai langkahnya terjun ke panggung politik.

Saktiawan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Senin, 22 April 2013. Mantan pemain Timnas itu datang dengan sejumlah pengurus partai. Sakti masuk dalam 100 daftar caleg sementara PKB.

"Jalur politik salah satu sarana tepat untuk mempermudah pengembangan olahraga dan kebijakan-kebijakan yang lebih berpengaruh positif bagi para olahragawan. Khususnya untuk Sumut," jelas pemain yang sempat didekati oleh Partai Gerindra ini.

Meski demikian, pemain yang pernah memperkuat Arema Malang ini mengaku tidak buru-buru meninggalkan dunia sepakbola. Dia baru pensiun saat waktunya sudah tiba. "Sepakbola adalah karirku dan yang besarkan namaku. Aku tetap bermain meskipun ikut politik."

Saktiawan merupakan pemain kelahiran Medan, 19 Februari 1982. Pemain berusia 31 tahun itu mengawali karir profesionalnya bersama PSPS Pekanbaru.

Nama Sakti sempat mencuat saat memperkuat PSMS Medan era 2004-2008 lalu. Dia juga pernah memperkuat Timnas di era pelatih Ivan Kolev. Saat ini, Sakti masih terdaftar sebagai pemain PSMS yang berlaga di IPL.

Sebelum Sakti, pemain Persipura, Jack Komboy telah lebih dulu terjun ke dunia politik. Pemain kelahiran Jayapura, 18 April 1977 tersebut saat ini tercatat sebagai anggota DPRD Papua. (one)

TERKAIT
TERPOPULER