VIVABOLA

Geser MU, Madrid Jadi Klub Terkaya di Dunia

Forbes mengklaim Real Madrid bernilai Rp32 triliun.
Kamis, 18 April 2013
Oleh : Haryanto Tri Wibowo
Real Madrid Vs Manchester United
VIVAbola - Real Madrid sukses menggeser Manchester United dari daftar puncak klub terkaya di dunia versi majalah bisnis Forbes. Los Blancos kini diklaim Forbes bernilai US$3,3 miliar atau setara Rp32 triliun.

MU menguasai puncak daftar klub terkaya sejak Forbes mengeluarkan laporan tahunan pada 2004, dan Madrid selalu menguntit di posisi kedua. Kini, untuk kali pertama sejak 2004, The Red Devils harus merelakan posisi puncak kepada El Real.

Kini, Madrid ditaksir Forbes memiliki nilai mencapai US$3,3 miliar atau setara Rp32 triliun. Posisi kedua ditempati MU dengan nilai US$3,17 miliar (setara Rp30,7 triliun). Selanjutnya ada Barcelona yang bernilai US$2,6 miliar (setara Rp25,2 triliun).

Secara mengejutkan Arsenal ada di posisi empat, yang ditaksir Forbes bernilai US$1,33 miliar (setara Rp12,9 triliun). Daftar selanjutnya adalah calon lawan Barcelona di semifinal Liga Champions musim ini, Bayern Munich dengan US$1,31 miliar (setara Rp12,7 triliun).

AC Milan menjadi klub Italia terkaya pertama di daftar Forbes dengan nilai US$945 juta (setara Rp9,17 triliun). Berikutnya ada Chelsea dengan US$901 juta (setara Rp8,7 triliun), Juventus US$694 (setara Rp6,7 triliun), Manchester City US$689 juta (setara Rp6,6 triliun) dan Liverpool US$651 juta (setara Rp6,3 triliun).

Forbes mendapatkan jumlah nilai kekayaan klub-klub tersebut berdasarkan sejumlah pendapatan, seperti sponsor, hak siar televisi, penjualan tiket, lisensi, dan penjualan jersey serta merchandise.

"Real Madrid secara konsisten meraih pendapatan tertinggi di antara klub-klub sepakbola lain di dunia, meski Spanyol sedang mengalami krisis ekonomi. Dengan pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo dan pelatih Jose Mourinho, Madrid berkembang pesat di bawah kepemimpinan Presiden Florentino Perez," tulis Forbes. (eh)
TERKAIT
TERPOPULER