Pilih Tim Anda
Daftar

Timnas U-19 Ikut Punta Cup di Uruguay

Timnas U-19 bermaterikan tim SAD yang saat ini berkompetisi di Quinta Division Uruguay.
Jum'at, 13 Maret 2009, 07:29 WIB
Irvan Beka
   

VIVAnews - Kesibukan timnas U-19 bertambah saat menjalani pemusatan latihan  di Uruguay. Merah Putih muda dijadwalkan ambil bagian pada turnamen Punta Cup, 16-24 April 2009 mendatang. Timnas U-19 bermaterikan tim SAD yang saat ini berkompetisi di Quinta Division Uruguay sejak 8 Maret 2008.

Merah Putih muda menjalani persiapan serius sebelum bertanding di Grup F, Kualifikasi Piala Asia 2010 U-19. Yericho Cristiantoko dan kawan-kawan harus bersaing dengan Australia, Jepang, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan. Seperti diberitakan Artha Tidar dari GOSport, Manajer Tim SAD Indonesia Demis Djamoedin mengatakan, turnamen Punta Cup menjadi sarana uji coba pemain.

“Kami menggunakan turnamen ini untuk mengetahui kesiapan pemain saat bertemu tim-tim besar. Kami tidak memiliki target khusus. Yang penting pemain bisa belajar. Target utama kami adalah lolos ke final round Piala Asia 2010. Kami juga tahun ini ingin memperbaiki peringkat di Quinta Division setelah musim sebelumnya finis di urutan 19,” ungkap Demis.

Yericho Cristiantoko dan kawan-kawan akan menyelesaikan putaran pertama Quinta Division pada Senin (27/4). Mereka aktif kembali pada Sabtu (16/5). Demis menambahkan, keputusan mengikuti Punta Cup lantaran turnamen tersebut diikuti klub-klub besar. Real Madrid serta Barcelona (Spanyol) kerap ambil bagian. Boca Juniors, Penarol, atau Liverpool (Argentina) juga ikut meramaikan persaingan. Belum lagi klub-klub asal Brazil, seperti Internacional, Gremio, bahkan Juventude.

“Indonesia mendapat diundang mereka. Turnamen itu biasanya diikuti 16 klub dan terbagi dalam empat grup. Klub tersebut umumnya mengirimkan pemain U-20. Kami belum tahu komposisi lawan nantinya seperti apa. Ini kesempatan kami karena rata-rata pemain masih berusia 17 tahun. Turnamen ini pemanasan, apalagi November kami harus bertanding di Kualifikasi Piala Asia U-19,” jelasnya.

Demis menambahkan, peluang Timnas U-19 lolos ke final round terbuka. Namun, Jepang dan Australia dianggap sebagai ancaman serius.

“Kami akan benar-benar tahu kekuatan tim setelah bertanding di turnamen Punta Cup. Jepang dan Australia unggulan, tapi peluang menghentikan dominasi mereka ada. Pemain serius berlatih di Uruguay. Motivasi mereka tinggi apalagi akan bermain di Indonesia,” jelasnya.

TC Merah Putih muda tetap diikuti 25 pemain. Mereka sempat menukar tujuh pemain saat jeda kompetisi Quinta Division.

“Pemain baru kami sudah bisa beradaptasi dengan baik. Proyek timnas di Uruguay tetap terbuka bagi pemain muda manapun. Komposisi tim yang ada masih bisa berubah. Kalau ada pemain muda dengan telenta lebih bagus, pasti kami beri kesempatan,” tandasnya.



© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com