Pilih Tim Anda
Daftar
FOKUS

MU Vs Chelsea, Duel Dua Tim Terluka

Kedua tim baru saja dikalahkan lawan-lawannya.
Sabtu, 9 Maret 2013, 05:39 WIB
Haryanto Tri Wibowo
Klub
Chelsea vs MU (REUTERS/Toby Melville)
VIVAbola - Dua tim terluka, Manchester United dan Chelsea akan saling bertemu pada perempat final Piala FA di Old Trafford, Minggu 10 Maret 2013. Siapa yang mampu bangkit usai kekalahan di pentas Eropa?

MU dan Chelsea tidak punya waktu yang lama untuk larut dalam duka. Setelah MU disingkirkan Real Madrid pada babak 16 besar Liga Champions, dan Chelsea dikalahkan ditekuk Steaua Bucharest 0-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa, kedua tim harus berhadapan di perempat final Piala FA.

Ini adalah kali ketiga kedua klub bertemu musim ini. Sedangkan di Piala FA, MU bertemu Chelsea untuk kali pertama sejak final 2007. Ketika itu, Chelsea sukses menaklukkan MU 1-0 lewat gol Didier Drogba pada menit ke-116.

Secara keseluruhan pertemuan di Piala FA, MU unggul atas Chelsea. Dari 11 pertemuan kedua klub di Piala FA, The Red Devils sukses meraih delapan kemenangan. Tapi, salah satu dari dua kemenangan Chelsea itu cukup membuat manajer MU, Sir Alex Ferguson, kesal.

Ya, Fergie masih kesal dengan kekalahan MU di final Piala FA 2007. Pelatih asal Skotlandia itu menganggap final 2007 sebagai kenangan terburuk selama tampil di ajang Piala FA.

"Saya merasa kami tidak beruntung kalah di final 2007. Drogba mencetak gol di menit-menit akhir babak tambahan, setelah kami tidak mendapat hadiah tendangan penalti. Kekalahan itu sulit diterima, tapi itulah sepakbola," ujar Ferguson melalui situs resmi MU

Move On


Kekalahan 1-2 dari Madrid masih ada di benak Ferguson. Pelatih 71 tahun itu masih belum bisa terima dengan keputusan wasit asal Turki, Cuneyt Cakir, yang memberi Luis Nani kartu merah. Tapi, Ferguson berusaha sekeras mungkin untuk melupakan kekalahan itu.

"Tak ada yang bisa kami lakukan, dan kami punya pertandingan penting Minggu nanti. Kami harus berusaha melangkah dari kejadian tersebut. Itu hanya salah satu pertandingan dari sejarah klub. Chelsea? Kami main di kandang, dan jika Anda main di rumah, maka Anda harus senang," ujar Ferguson kepada Sky Sports.

Bukan hanya MU yang berusaha move on, Chelsea juga berusaha bangkit usai kalah di Liga Europa. Manajer interim The Blues, Rafael Benitez, membantah kekalahan dari Bucharest karena fokus untuk menghadapi MU. Benitez mengubah lima susunan pemain saat melawan Bucharest dari skuad yang mengalahkan West Bromwich Albion, akhir pekan lalu.

"Tidak ada hubungannya. Ini kompetisi berbeda, dan Piala FA kompetisi yang berbeda. Kami akan fokus untuk menghadapi MU pada Minggu nanti," tegas Benitez.

Duel Panas


Chelsea dan MU sudah bertemu dua kali sebelumnya musim ini. Pada pertemuan pertama di Premier League, pertemuan kedua klub sempat memanas. Pada pertandingan yang dimenangi MU 3-2 itu, Chelsea harus bermain dengan 9 pemain setelah Branislav Ivanovic dan Fernando Torres mendapat kartu merah.

Gol kemenangan MU yang dicetak Javier Hernandez juga tercipta dalam posisi offside. Tensi pertandingan semakin memanas setelah wasit Mark Clattenburg dituduh mengeluarkan pernyataan rasial terhadap dua pemain Chelsea, John Obi Mikel dan Juan Mata.

Pertemuan kedua klub musim ini terjadi empat hari kemudian, tepatnya di babak keempat Piala Liga. Di pertandingan itu Chelsea sukses membalas kekalahan setelah menang 5-4 lewat babak tambahan.

Ini juga menjadi pertemuan pertama Ferguson melawan Benitez sejak pelatih asal Spanyol itu meninggalkan Liverpool pada 2010. Hubungan kedua manajer tersebut sempat memanas ketika Benitez menangani The Reds sepanjang 2004 hingga 2010.

Hubungan Ferguson dengan Benitez memanas kali pertama pada 2007. Ketika itu Benitez berusaha membujuk bek MU, Gabriel Heinze, untuk berlabuh di Anfield. Benitez ingin menjadikan Heinze pemain pertama MU yang hengkang ke rival utama mereka, Liverpool, sejak Phil Chisnall meninggalkan Old Trafford pada 1964.

Ferguson menganggap Liverpool menggunakan cara-cara ilegal untuk mendapatkan bek asal Argentina tersebut. Sejak saat itu, Benitez dan Ferguson beberapa kali saling serang lewat media.

Namun, untuk pertandingan Minggu nanti, Ferguson enggan mengeluarkan kritikan untuk Benitez. "Saya tidak akan menendang orang yang hanya berbaring. Itu bukan gaya saya," tegas Ferguson.

Fakta Menarik

> Chelsea tidak pernah menang dari lima pertemuan Piala FA di Old Trafford, menelan empat kekalahan dan hanya mencetak satu gol.

> Dari enam pertemuan terakhir kedua tim di semua kompetisi, telah tercipta 30 gol. 14 gol terakhir tercipta hanya dalam dua pertandingan terakhir.

> Javier Hernandez sudah mencetak lima gol dari enam pertandingan melawan Chelsea di semua kompetisi.

> Chelsea tidak pernah kalah dari 27 pertandingan Piala FA (tanpa adu penalti), rekor terpanjang untuk ajang Piala FA.

> MU hanya kalah dua kali dari 18 pertandingan tandang Piala FA, dengan dua kekalahan itu datang dari Liverpool di Anfield.

> Juan Mata sudah mencetak lima gol dan tujuh assist dari 10 penampilan di Piala FA.

> Ini adalah kali ke-34 MU tampil di babak keenam Piala FA, hanya Arsenal (36) yang pernah tampil lebih banyak di babak ini.


© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
  • Chelsea Hrz Menanq................
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com