VIVABOLA

Enam Ludahan Terkenal di Sepakbola

Dari Frank Rijkaard hingga Lionel Messi, pernah melakukannya.
Sabtu, 9 Februari 2013
Oleh : Haryanto Tri Wibowo
Frank Rijkaard meludahi Rudi Voeller

VIVAbola - Bek West Bromwich Albion, Goran Popov, membuka lembaran baru mengenai pemain yang meludahi lawan. Berikut ini enam ludahan pemain yang terkenal dalam dunia sepakbola.

1. Frank Rijkaard Vs Rudi Voeller (Piala Dunia 1990)


Frank Rijkaard meludahi Rudi Voeller
Rijkaard melanggar Voeller dan mantan pelatih Barcelona itu mendapat kartu kuning. Saat Jerman bersiap melakukan tendangan bebas, Rijkaard berlari melewati Voeller dan meludahi rambutnya dari belakang. Voeller protes, tapi tidak digubris wasit.

Ketika tendangan bebas dilakukan, Voeller terlibat duel udara dengan kiper Hans van Breukelen. Voeller terjatuh dan Rijkaard serta Van Breukelen menganggap mantan pelatih timnas Jerman itu melakukan diving. Rijkaard kemudian mencubit kuping dan menginjak kaki Voeller. Keduanya mendapat kartu merah, dan ketika meninggalkan lapangan, Rijkaard sekali lagi meludahi Voeller dari belakang.

2. Francesco Totti Vs Christian Poulsen (Piala Eropa 2004)

Francesco Totti (putih) saat meludahi Christian Poulsen

Pada pertandingan babak grup, 14 Juni 2004, Totti secara mengejutkan meludahi muka Poulsen di babak kedua. Tindakan Totti luput dari penglihatan wasit, tapi tim Denmark melakukan protes usai pertandingan. Alhasil, UEFA menjatuhkan hukuman tiga pertandingan bagi Totti. Italia sendiri tidak lolos dari Grup C.

3. Sinisa Mihajlovic Vs Adrian Mutu (Liga Champions 2003)


Pada 7 November 2003, Mihajlovic yang masih memperkuat Lazio mendapat hukuman delapan larangan bermain dari UEFA, karena meludahi dan menendang striker Chelsea, Adrian Mutu. Enam tahun kemudian, Mihajlovic menjadi pelatih Fiorentina dengan Mutu sebagai salah satu pemainnya.

4. Lionel Messi Vs Duda (La Liga 2008)

Barcelona, Lionel Messi, saat meludahi Duda" src="http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/02/08/191613_pemain-barcelona--lionel-messi--saat-meludahi-duda_250_188.jpg" alt="Pemain Barcelona, Lionel Messi, saat meludahi Duda" width="250" height="188" />

Pemain sehebat Messi pun bisa frustrasi. Saat pertandingan Barcelona melawan Malaga, 3 November 2008, Messi tertangkap kamera meludahi gelandang tuan rumah, Duda, usai keduanya bertabrakan. Beruntung, Messi tidak mendapat hukuman atas tindakannya tersebut. Duda sendiri tidak sadar telah diludahi dan tidak mempermasalahkannya.

5. Patrick Vieira Vs Neil Ruddock (Premier League 1999/2000)

Patrick Vieira meludahi Neil Ruddock

Pada pertandingan di Upton Park, 3 Oktober 1999, Vieira melanggar striker West Ham United, Paolo di Canio, dan mendapat kartu merah. Ruddock yang tidak senang dengan pelanggaran yang dilakukan Vieira, kemudian menghampiri mantan kapten Arsenal tersebut. Keduanya pun bertabrakan. Saat dilerai Giles Grimandi, Vieira kemudian meludahi Ruddock. Alhasil Vieira mendapat hukuman enam larangan bermain dan denda £30 ribu.

6. Slobodan Rajkovic Vs Wasit (Olimpiade 2008)


Mantan pemain Chelsea ini sempat mendapat hukuman larangan bermain satu tahun oleh FIFA. Penyebabnya, Rajkovic meludahi wasit saat pertandingan di Olimpiade 2008 di Beijing. Tapi, bek yang kini memperkuat Hamburg SV tersebut mendapat keringanan sanksi larangan bermain satu tahun di pertandingan internasional. (art)

TERKAIT
TERPOPULER