Pilih Tim Anda
Daftar

Kandidat Kuat Top Scorer Piala AFF 2012

Setidaknya tiga pemain berebut gelar pemain paling subur.
Rabu, 19 Desember 2012, 07:34 WIB
Marco Tampubolon
Teerasil Dangda (Zimbio)

VIVAbola - Final leg pertama Piala AFF 2012 yang akan mempertemukan Thailand dan Singapura menjadi ajang adu ketajaman bagi penyerang kedua tim. Mereka akan bertarung demi mencatatkan namanya sebagai penyandang gelar top scorer pada event ini.

Setidaknya ada 3 pemain yang masih punya peluang besar menjadi top scorer tahun ini. Mereka adalah striker Thailand, Teerasil Dangda dan dua penyerang asal Singapura, Mohammad Sharil Ishak dan Khairul Amri. Berikut profil singkat ketiga pemain tersebut:

Teerasil Dangda
Bomber subur asal Thailand ini telah mengkoleksi 5 gol pada Piala AFF 2012. Tiga gol dicetaknya ke gawang Myanmar di babak penyisihan grup A dan dua gol lagi ke gawang Malaysia saat babak semifinal. Ini membuatnya menjadi top scorer sementara Piaal AFF 2012.

Teerasil merupakan pemain kelahiran Bangkok, 6 Juni 1988. Pria dengan tinggi badan 181 cm itu mengawali karirnya bersama  Royal Thai Air Force pada 2005 lalu. Teerasil juga sempat diboyong ke Manchester City saat diambil alih oleh mantan perdana menteri Thailand, Thaksin Shinawatra, 2007 lalu. Ia tidak pernah tampil secara resmi bersama The Citizens. Namun pria berusia 24 tahun itu sempat tampil di Liga Utama Swiss bersama Grasshopper dan mencetak 7 gol dalam 15 laga.

Pulang dari petualangannya di Eropa, Teerasil kembali memperkuat Muangthong pada 2009. Performanya semakin meroket saat tampil di musim 2011 dan 2012. Total 48 gol ia bukukan dalam 74 laganya di dua musim tersebut. Bahkan di musim 2012, 25 gol yang Teerasil cetak membuat dirinya memecahkan rekor top scorer Liga Thailand yang sudah bertahan 14 tahun yang dimiliki Ronnachai Sayomchai.

Shahril Ishak
Pemain asal Singapura ini baru mencetak 4 gol di Piala AFF 2012. Meski demikian, bukan berarti peluang Shahril untuk menjadi top scorer sudah tertutup. Sebaliknya, pemain veteran The Lions itu sangat berpeluang menggusur koleksi gol Teerasil Dangda.

Pemain Singapura, Shahril Ishak, dan Khairul Amri
Shahril sebenarnya lebih berperan sebagai gelandang serang. Namun berbekal segudang pengalaman yang dimiliki, pemain kelahiran Singapura, 23 Januari 1984 itu sangat produkif dalam mencetak gol.

Shahril mengawali karirnya bersama Young Lions pada tahun 2003 lalu. Pemain berpostur 173 cm ini juga pernah merasakan kerasnya kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) bersama Persib Bandung (2010).

Di timnas Singapura, Shahril sudah tergolong pemain sepuh. Setidaknya sudah 100 caps yang dikantonginya hingga saat ini. Dia telah merasakan dua gelar Piala AFF, yakni tahun 2004 dan 2007.

Khairul Amri
Menempati posisi sebagai striker, pemain ini sangat berambisi menambah koleksi golnya di Piala AFF 2012. Hingga saat ini, Amri masih terpaut dua gol dari top scorer sementara, Teerasil Dangda.

Penyerang Singapura, Khairul Amri
Meski lebih banyak menghabiskan karirnya di liga Singapura, nama Khairul Amri sebenarnya tidak asing bagi pecinta sepak bola tanah air. Pasalnya, pemain kelahiran 15 Maret 1985 ini pernah memperkuat Persiba Balikpapan di pentas Liga Super Indonesia (2010-2011).

Dengan kecepatan yang dimiliki, Amri kerap merepotkan barisan pertahanan lawan. Sayang, performanya yang tidak stabil membuat pemain berusia 27 tahun ini jarang tampil penuh di Piala AFF 2012. (ibk)



© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com