VIVABOLA

Perburuan Tiket Piala Dunia 2014 Memanas

13 tiket ke putaran final PD 2014 diperebutkan negara-negara Eropa.
Jum'at, 7 September 2012
Oleh : Toto Pribadi
Trofi Piala Dunia

VIVAbola - Kualifikasi Piala Dunia 2014 akan mulai digelar. Negara-negara di seantero dunia akan memperebutkan jatah 31 tiket ke Brasil. Menarik tentunya menyimak persaingan antar negara sembari menunggu kejutan demi kejutan.

Sebanyak 128 negara yang terbagi dalam enam zona akan bertarung untuk bergabung dengan Brasil yang melangkah secara otomatis dengan statusnya sebagai tuan rumah. Sang juara bertahan Spanyol, juga akan mulai usahanya mempertahankan gelar di babak ini.

Awalnya, babak kualifikasi Piala Dunia 2014 akan menggelar 824 pertandingan. Namun dengan penarikan Bahamas dan Mauritius, maka laga kualifikasi total hanya akan menyajikan 816 pertandingan.

Seperti biasa, persaingan di Benua Eropa selalu mendapat perhatian lebih. Selain mendapat jatah paling banyak, yakni 13 tiket, persepakbolaan di dunia Biru menyuguhkan tontonan lebih menarik. Kejutan demi kejutan kerap terjadi.

Karena alasan itu maka persaingan di babak kualifikasi kali ini akan difokuskan pada laga-laga panas di Benua Biru. Sebanyak 53 negara di Benua Eropa akan terbagi dalam sembilan grup dengan sebaran masing-masing grup dihuni lima hingga enam negara. Perang akan dimulai Jumat 7 September 2012.

Duel negara-negara adidaya di Eropa tentu menjadi perhatian lebih. Di atas kertas, negara seperti Italia, Jerman, Belanda, Portugal, Inggris dan Prancis tentu difavoritkan menoreh kemenangan.

Selain status tim bertabur bintang, negara-negara itu juga akan mendapat lawan yang relatif 'ringan'. Namun, bukan sepakbola jika tak menghadirkan kejutan demi kejutan. Tak berhati-hati, tim-tim lemah akan menghadirkan kejutan.

Bulgaria versus Italia, Dendam Piala Dunia 1994

Diantara beberapa laga yang akan digelar, duel Bulgaria vs Italia di Grup B pantas mendapat perhatian. Bulgaria punya motivasi berlipat saat menjamu Gli Azzurri di Sofia. Selain ingin melewati pencapaian terbaik di Piala Dunia 1994 yang sukses masuk babak semifinal, tim besutan Lyuboslav Penev juga punya dendam pada Italia.

Pada Piala Dunia 1994 yang digelar di Amerika Serikat (AS) itu, Italia lah yang menggagalkan ambisi Hristo Stoichkov dan kawan-kawan melangkah ke final. Saat itu, Bulgaria harus menyerah 1-2 lewat gol yang diborong Roberto Baggio.

Meski mencium aroma dendam, pelatih timnas Italia, Cesare Prandelli justru membuat kejutan dengan tak membawa beberapa pemain kuncinya. Striker Inter Milan, Antonio Cassano, dan striker Manchester City, Mario Balotelli, ditinggalkan. Padahal, dua sosok ini menjadi duet maut saat Azzurri berhasil mencapai final di Piala Eropa 2012.

"Cassano mengatakan staminanya saat ini hanya 60 persen. Sedangkan saya tidak punya waktu untuk memulihkan pemain. Karena kami perlu memenangi pertandingan ini untuk lolos," kata Prandelli dilansir Football Italia.

"Saya tidak bisa mengambil resiko dengan pemain yang tidak dalam kondisi fisik fit. Ada banyak yang dipertaruhkan di sini. Cassano hanya perlu kembali menemukan performa terbaiknya," lanjutnya.

Disinggung mengenai keputusannya tak membawa Balotelli, mantan pelatih Fiorentina ini punya jawaban. "Kami ingin mengubah taktik bermain." Selain tanpa duo bomber andalannya, Italia juga tak akan diperkuat gelandang AC Milan, Riccardo Montolivo, karena cedera.

Prandelli sendiri telah menyiapkan strategi khusus. Lawan Bulgaria, Prandelli mengaku akan menggunakan formasi 3-5-2. Keputusan ini dipengaruhi pulihnya bintang AS Roma, Daniele De Rossi, yang telah terbebas dari cedera.

Kiper tetap menjadi milik Gianluigi Buffon. Di lini belakang, Leonardo Bonucci dan Andrea Barzagli ditemani oleh pemain Torino, Angelo Ogbonna. Sedangkan di lini tengah, De Rossi kembali dikombinasikan dengan Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, Cristian Maggio dan Emanuele Giaccherini. Jika De Rossi tak mampu tampil apik maka Prandelli akan memasukkan Antonio Nocerino.

Sementara itu, di lini depan dengan absennya Cassano dan Balotelli, Prandelli akan menduetkan Sebastian Giovinco dari Juventus dan pemain Roma yang sedang melejit, Pablo Osvaldo.

Inggris Dihantam Badai Cedera

Di pertandingan lainnya, Inggris akan melakoni laga tandang di Grup H melawan Moldova di Stadion Zimbru. Menghadapi laga ini, manajer Roy Hodgson menghadapi masalah pelik. Ia terpaksa kehilangan banyak pemain kuncinya.

Cederanya yang menimpa winger anyar Sunderland, Adam Johnson, melengkapi daftar pemain cedera Inggris. Sebelumnya, Inggris juga harus kehilangan Wayne Rooney, Ashley Cole, Andy Carroll, Scott Parker, Gareth Barry, Ashley Young, Chris Smalling dan Phil Jones.

Kondisi inilah yang akan coba dimanfaatkan Moldova yang di atas kertas tentu tak diunggulkan akan meraih kemenangan. Maklum, Moldova saat ini nangkring di peringkat 137 dunia. Sedangkan Inggris kini menduduki peringkat tiga dunia. Bak langit dan bumi tentunya.

Rasa waspada itu tetap diperlihatkan gelandang muda Inggris, Alex Oxlade-Chamberlain. Gelandang Arsenal ini meminta secara khusus kepada rekan-rekanya untuk tak memandang sebelah mata Ion Caras.

"Kami akan bermain di laga itu dengan gaya yang sama, sama seperti saat kita menghadapi Brasil," kata pemain berjuluk The Ox itu.

"Kami akan berusaha merebut kemenangan di laga itu dan bermain dengan cara yang benar. Saya harus melihat lebih dulu bagaimana laga itu akan berlangsung, tapi ini laga internasional dan itu akan sangat sulit," lanjutnya.

Di kualifikasi Piala Dunia 2014 ini, The St George's Cross berada di Grup H bersama Montenegro, Ukraina, Polandia, Moldova dan San Marino.

Prancis Tumpul, Portugal Khawatirkan Ronaldo

Dua pertandingan lainnya yang pantas mendapat perhatian lebih yakni duel Prancis kontra Finladia di Grup I dan duel Portugal versus Luxembourg di Grup F. Menghadapi laga pembuka ini, Prancis tengah menghadapi masalah di lini depan. Sedangkan Portugal pantas was-was dengan kondisi tak bahagianya sang bintang, Cristiano Ronaldo.

Timnas Prancis harus kehilangan striker Olivier Giroud saat menghadapi Finlandia di Helsinki karena cedera dan baru dapat tampil saat melawan Belarusia pada 11 September mendatang. Giroud merupakan top skorer Liga Prancis Ligue 1 musim lalu dengan torehan 21 gol meski musim ini di Arsenal ia belum mencetak gol.

"Giroud akan berlatih terpisah dari skuad, yang bisa membuat dia bermain di pertandingan selanjutnya melawan Belarusia. Mengingat ini cedera otot, akan lebih baik untuk memberinya dia waktu. Saya lebih memilih Giroud datang dalam kondisi fit, tapi inilah sepakbola," kata Deschamps.

Absennya Giroud sukses membuat panik pelatih Didier Deschamps. Pasalnya, Karim Benzema juga tengah mandul di Real Madrid. Dalam lima pertandingan terakhir bersama Los Blancos, Benzema tak mencetak sebiji gol pun. Namun, Deschamps punya alternatif jika Benzema mandul. Ia masih memiliki Jeremy Menez (Paris Saint-Germain) dan striker Olympique Lyon, Bafetimbi Gomis.

Jika Prancis terganggu dengan cedera dan mandulnya lini depan, Portugal justru harus menghadapi masalah non teknis saat melawat ke Stadion Josy Barthel, markas Luxembourg. Pelatih Seleccao, Paulo Bento tengah was-was dengan situasi Ronaldo. Kapten Portugal ini mengaku tengah tak bahagia di Madrid.

Namun, Ronaldo sendiri telah menjamin jika kondisi yang dialaminya di Madrid tak akan berpengaruh di timnas Portugal. Ia mengaku akan tetap memberikan 100 persen kemampuannya untuk memberikan kemenangan bagi Portugal. Di atas kertas, Portugal tentu akan mampu membawa pulang tiga poin.

Prediksi di atas kertas boleh mengunggulkan salah satu negara. Namun, bukan sepakbola jika tak menghadirkan kejutan demi kejutan. Kita tunggu kejutan apa yang akan tejadi di kualifikasi Piala Dunia 2014 ini.

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa:


Grup A
7 September
Kroatia vs  Macedonia
Wales  vs Belgia
8 September
Skotlandia vs Serbia

Group B
7 September
Malta vs Armenia
Bulgaria vs Italia
8 September
Denmark vs Rep Ceko

Group C
7 September
Kazakhstan  vs Rep Irlandia
Jerman vs Faroe Islands

Group D
7 September
Estonia vs Romania
Andorra  vs Hungaria
Belanda vs Turki

Group E
7 September
Slovenia vs Swiss
Islandia vs Norwegia
Albania vs  Cyprus

Group F
7 September
Russia vs Irlandia Utara
Azerbaijan vs Israel
Luxembourg vs Portugal

Group G
7 September
Liechtenstein vs Bosnia-Herzegovina
Lithuania vs Slovakia
Latvia vs Yunani

Group H
7 September
Montenegro  vs Polandia
Moldova vs Inggris

Group I
7  September
Georgia vs Belarusia
Finlandia vs Prancis

TERKAIT
TERPOPULER