VIVABOLA

Soros Beli Saham Manchester United

George Soros kini menguasai 1,9 persen saham Manchester United.
Rabu, 22 Agustus 2012
Oleh : Marco Tampubolon
George Soros dan tunangannya Tamiko Bolton

VIVAbola - Milyarder kelahiran Hungaria, George Soros kini mulai merambah hingga ke industri sepak bola. Pebisnis yang kini berusia 82 tahun itu baru saja membeli saham salah satu raksasa Premier League, Manchester United.

Seperti dilansir CNN, awal bulan ini, Manchester United kembali menawarkan sahamnya kepada publik melalui New York Stock Exchange. Soros melalui Soros Fund Management LLC dilaporkan telah membeli 3,1 juta lembar saham kelas A dengan harga £ 28 juta (atau setara dengan Rp374 Miliar).

Ini setara dengan 1,9 persen seluruh saham tim Setan Merah itu. Sampai saat ini kepemilikan MU masih dikuasai oleh keluarga Glazer. Miliyarder asal Amerika Serikat itu menguasai seluruh saham kelas B dan memiliki 10 kali hak suara dalam penjualan saham ke publik.

Selain menguasai saham di MU, keluarga Glazer juga menguasai saham klum American Football, Tampa Bay. Malcolm Glazer merupakan CEO dan First Allied Corp, yang merupakan induk berbagai perusahaan. Kedua anaknya, Avram dan Joel kini menjabat sebagai wakil pimpinan di MU.

Setelah penawaran umum perdana yang dilakukan pada 10 Agustus lalu saham MU mengalami penurunan sebesar 6,7 persen pada saat penutupan di hari Senin. Harga IPO sebesar US $ 14 melorot menjadi US $ 13,06.

TERKAIT
    TERPOPULER