VIVABOLA

Dia Hakim Laga Spanyol-Portugal di Semifinal

Kemampuan pria berusia 35 tahun ini tidak perlu dipertanyakan lagi.
Rabu, 27 Juni 2012
Oleh : Anry Dhanniary
Wasit Cuneyt Cakir memberikan kartu kuning pada Gianluigi Buffon

VIVAbola - Tugas seorang pelatih dalam laga besar amat krusial. Keputusan yang dibuat bisa menjadi penentu hasil akhir. Menghadapi laga semifinal Piala Eropa 2012 antara Spanyol melawan Portugal, UEFA kembali memilih nama Cuneyt Cakir.

Nama pria asal Turki ini memang sedang naik daun di lapangan hijau. Setelah dipercaya memimpin laga panas semifinal Liga Champions antara Chelsea melawan Barcelona, sekarang Cakir didapuk menjadi salah satu pengadil di fase penting Piala Eropa.

Kemampuannya dipuji setelah memimpin laga Italia melawan Irlandia pada putaran Grup C, 18 Juni lalu. Cakir amat tegas, bahkan soal jarak pagar hidup dari bola saat tendangan bebas.

Cakir yang bekerja sebagai agen asuransi itu tidak tampil pada perempat-final, ia hanya dipercaya sebagai wasit cadangan pada laga Inggris kontra Italia.

Kemampuan pria berusia 35 tahun itu tidak perlu dipertanyakan lagi. Catatan karir wasit yang sudah terdaftar di FIFA sejak 2005 ini sangat meyakinkan. Kurang lebih Cakir sudah memimpin 140 laga Liga Super Turki ditambah menjadi wasit Liga Champions sejak 2011. Ia pertama kali menjalani debutnya sebagai wasit UEFA pada Juli 2003, dan saat ini tercatat sebagai salah satu wasit elit di benua Eropa.

Salah satu insiden yang mungkin akan anda ingat adalah saat Manchester City menghadapi Dynamo Kiev pada babak 32 besar Europa League 2011. Cakir memberikan kartu merah pada Mario Balotelli setelah dengan sengaja ingin menendang pemain lawan.

Selama ini keputusan Cakir dinilai sangat adil. Meski kadang sering umbar kartu, pria kelahiran 23 November itu selalu jeli terhadap segala insiden yang terjadi di lapangan dan tidak segan untuk berkonsultasi dengan para asistennya.

Laga Spanyol melawan Portugal akan digelar di Donbass Arena, Donetsk, pada hari Rabu, 27 Juni 2012 atau Kamis dini hari WIB nanti. Pemenang laga tersebut akan menunggu pemenang antara Jerman melawan Italia di babak final. (kd)

TERKAIT
TERPOPULER