VIVABOLA

Lawan Portugal, Casillas Lirik Rekor Baru

Spanyol akan bertemu Portugal di babak semifinal Piala Eropa 2012.
Rabu, 27 Juni 2012
Oleh : Marco Tampubolon
Kiper Spanyol, Iker Casillas, di Piala Eropa 2012

VIVAbola - Kiper Spanyol, Iker Casillas berpeluang mencatat rekor baru saat bertemu Portugal di babak semifinal Piala Eropa 2012, Rabu, 27 Juni 2012. Penjaga gawang Real Madrid itu bakal menjadi pemain pertama di dunia yang meraih kemenangan ke-100 pada laga internasional bila tim Matador berhasil mengalahkan Portugal.

Meski demikian bukan perkara mudah bagi Casillas untuk mencapai rekor tersebut. Pasalnya, saat bertemu Portugal di Stadion Donbass Arena nanti, kiper berusia 31 tahun itu harus berhadapan dengan salah satu penyerang terbaik dunia, Cristiano Ronaldo.

Sejauh ini Ronaldo yang juga rekan Casillas di Real Madrid merupakan salah satu pencetak gol terbanyak di Piala Eropa 2012. Sejak babak penyisihan, pemain yang akrab dengan sebutan CR7 itu telah mengemas 3 gol yang dicetak ke gawang Belanda dan Rep Ceko.

"Penampilannya sangat luar biasa di Real Madrid begitu juga dengan gol dan rekornya," kata Casillas kepada harian Marca. "Saya tidak berpikir saat ini dia dalam level terbaiknya."

Menurut Casillas, Ronaldo merupakan pemain yang sangat berbahaya di daerah pertahanan lawan. Selain memiliki kecepatan dan kontrol bola yang baik, mantan pemain Manchester United itu juga memiliki tendangan yang mampu membuat arah bola sulit untuk dibaca.

"Bolanya sedikit aneh," kata Casillas. Meski demikian, menurutnya
pergerakan yang menyimpang pada bola di Piala Eropa 2012 ini tidak separah 'Jabulani' yang digunakan di Piala Dunia 2010. "Memang tidak seekstrem itu, namun jika Anda menendangnya kuat, bola akan berubah menipu menipu. Saya harus tetap waspada."

Portugal sendiri selama ini selalu menjadi lawan yang tangguh bagi timnas Spanyol. Bahkan Dari tujuh pertemuan yang sudah dilalui kedua tim, Tim Matador baru berhasil memetik kemenangan. Hasil ini diraih saat Spanyol bertemu Portugal di babak 16 besar Piala Dunia 2010. Dalam duel ini, Spanyol unggul tipis 1-0 lewat gol tunggal David Villa.

TERKAIT
    TERPOPULER