VIVABOLA

Hadapi Adu Penalti, Ini Strategi Inggris

Inggris akan memasukkan pemain cadangan yang piawai mengambil penalti.
Minggu, 24 Juni 2012
Oleh : Muchamad Syuhada
Manajer Inggris, Roy Hodgson

VIVAbola - Roy Hodgson sebelumnya mengatakan Inggris belum menyiapkan daftar penandang penalti jelang laga perempatfinal Piala Eropa 2012 kontra Italia. Tapi, bukan berarti dia tidak menyusun strategi guna mengantisipasi kemungkinan tersebut.

Alasan Hodgson tidak menyiapkan eksekutor sejak awal adalah karena dia optimistis laga nanti akan selesai dalam 90 menit dan Inggris keluar sebagai pemenang. "Saya melihatnya kami akan menang dalam pertandingan 90 menit," ungkap Hodgson.

Meskipun demikian bukan berarti Hodgson juga tak punya persiapan jika memang harus melakoni babak tos-tosan dari titik putih itu. Skenario paling sederhana dari mantan pembesut Liverpool tersebut adalah dia akan memasukkan pemain yang memiliki skill tendangan penalti jika memang mulai nampak kecenderungan laga dituntaskan dengan cara paling akhir itu.

"Saya pikir bukan sebuah kesalahan jika nanti harus memasukkan pemain yang piawai mengambil penalti," ungkap Hodgson dikutip The Sun, Minggu, 24 Juni 2012.

Namun diakui Hodgson, keputusan itu akan membuatnya pusing tujuh keliling. Pria 64 tahun tersebut harus memilih momentum yang pas untuk menurunkan calon ekeskutor penalti dari duduk di bangku cadangan.

"Sekarang tinggal berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum melakukan pergantian. Keputusan itu pasti membuat kepala saya pening," ungkapnya lagi. (one)

TERKAIT
TERPOPULER