VIVABOLA

Mou Tak Akan Tercatat Dalam Sejarah Sepakbola

Xavi Hernandez kembali 'menyengat' Jose Mourinho.
Jum'at, 8 Juni 2012
Oleh : Toto Pribadi
Xavi Hernandez

VIVAbola - Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez kembali 'menyengat' Jose Mourinho. Xavi menilai entrenador Real Madrid itu tetap tak akan tercatat dalam sejarah sepakbola meski sukses mengalahkan Josep Guardiola bersama Barcelona di musim 2011/2012 lalu.

Xavi menjelaskan bahwa selama empat tahun di Barcelona, Guardiola telah sukses meraih banyak trofi dan sukses membangun sepakbola atraktif nan indah. Pencapaian yang tak akan terhapus hanya dengan torehan satu trofi La Liga Mourinho bersama Los Blancos.

Dengan kata lain, Mourinho akan tetap hidup dalam bayang-bayang kesuksesan Guardiola bersama klub Katalan itu. "Mourinho tidak akan tercatat dalam sejarah sepakbola," kata Xavi kepada Canal+.

"Bagi saya, pelatih terbaik adalah Guardiola dan dalam empat tahun dia telah memimpin klub dan sukses merevolusi sepakbola."

"Buktinya, Chelsea telah memenangkan gelar Champions League tahun ini, namun Barcelona tetap yang dianggap yang terbaik di dunia sepakbola," beber gelandang timnas Spanyol ini.

Sejak bergabung dari Inter Milan, kehadiran Jose Mourinho memang telah sukses meningkatkan rivalitas Madrid dan Barca. Hal itu ditambah dengan bumbu-bumbu permusuhan yang coba ditiupkan media-media Spanyol.

"Media terlalu membesar-besarkan dan itu hampir menciptakan ketegangan yang nyata. Benar memang ada tensi tapi tidak sebesar yang diberitakan," lanjut Xavi.

Xavi juga membantah jika tensi tinggi di level domestik ikut mempengaruhi harmonisasi timnas Spanyol. "Saya berteman baik dengan Iker Casillas (kapten Madrid) dan itu ditempatkan di atas segalanya," tegas Xavi.

Xavi dan Casillas kini akan bahu membahu bersama pilar La Furia Roja lainnya di Piala Eropa 2012. Spanyol berada di Grup C bersama Italia, Irlandia dan Kroasia.  (eh)

 

TERKAIT
    TERPOPULER