VIVABOLA

TC Timnas Senior di Yogyakarta Sepi Penonton

Timnas di bawah asuhan Nil Maizar sejak 17 April lalu telah berlatih di Yogyakarta.
Kamis, 3 Mei 2012
Oleh : Edwan RuriansyahErick Tanjung (Yogyakarta)
Timnas Indonesia saat melawan Bahrain

VIVAbola - Sudah hampir memakan waktu sebulan, pemusatan latihan alias training camp (TC) tim nasional Indonesia senior di Yogyakarta tak menimbulkan gairah bagi suporter untuk menyaksikannya.

Timnas di bawah asuhan Nil Maizar sejak 17 April lalu telah berlatih di stadion atletik dan sepakbola Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sesuai pengamatan VIVAbola, sejak awal dimulainya TC Timnas di Kota Gudeg ini tidak menarik para penggemar. Padahal, lokasi stadion UNY berada di pusat kota yang terletak di Jalan Colombo, Yogyakarta.

Salah seorang pecinta sepakbola yang selama ini selalu mendukung timnas Indonesia, Januardi, mengaku tidak tertarik untuk menonton latihan timnas sekarang. Meskipun lokasi latihannya cukup dekat dari tempat tinggalnya.

"Saya malas menontonnya karena pemainnya yang dari tim-tim LPI itu secara kualitas rendah dan jauh di bawah rata-rata. Jadi saya malas menonton latihan mereka," kata Januardi.

Sebagai pecinta sepakbola Indonesia, ia menilai, minimnya penggemar sepakbola untuk menonton latihan Timnas juga dipengaruhi oleh konflik di PSSI. "Ini juga pengaruh kacau balau PSSI itu yang bikin orang malas untuk menonton," ungkapnya.

Menurut dia, selain kualitas rendah, mayoritas pemain-pemain Timnas yang melakoni TC di Yogyakarta banyak yang tidak terkenal. "Orang tidak melihat pemain-pemain yang berkualitas di Timnas ini. Sekarang tidak ada BP (Bambang Pamungkas) dari Persija, M Nasuha, Boaz Solossa, Patrich Wanggai dan lainnya," tuturnya.

Seorang tukang parkir di stadion UNY mengutarakan hal yang sama. Ia mengaku tak mengenal pemain Timnas senior kini. "Saya penggemar sepakbola, tapi kalau melihat pemain Timnas yang ini saya malas menonton. Karena banyak yang tidak terkenal pemainnya," ucapnya.

Di beberapa kali latihan Timnas senior, nyaris tidak tampak geliat penggemar ataupun suporter sepakbola untuk menyaksikan secara langsung latihan setiap pukul 16.00 WIB tersebut. Beda dengan TC Timnas sebelumnya di era Bambang Pamungkas yang selalu dipadati penonton dan penggemar. (irb)

TERKAIT
TERPOPULER