Pilih Tim Anda
Daftar

CAS Beberkan Upaya PSSI Jegal Persipura

Surat terbaru CAS menyatakan PSSI sempat mengusulkan pergantian Persipura dengan Arema.
Kamis, 16 Februari 2012, 16:18 WIB
Marco Tampubolon, Ali Usman
Klub
Demo Pendukung Persipura Jayapura (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAbola - PSSI mengklaim ikut memperjuangkan Persipura Jayapura untuk ambil bagian di Liga Champions Asia (LCA) 2012. Namun, fakta yang ada dalam surat terbaru CAS justru menyatakan bahwa PSSI sempat mengusulkan pergantian Persipura dengan Arema Indonesia. 

CAS menggaris bawahi langkah ini sebagai keputusan yang dibuat oleh PSSI. "Pada 29 November 2011, PSSI mengirimkan surat permohonan kepada AFC untuk mengganti Persipura dengan Arema Indonesia pada pada playoff Liga Champions Asia," tulis CAS dalam surat yang dikirimkan kepada KPSI, Selasa 14 Februari 2012.  

"PSSI beralasan Persipura tidak menjalani laga kandang pertamanya di Liga Prima Indonesia. PSSI selanjutnya menyertakan surat keputusan Komite Disiplin mengenai hukuman terhadap Persipura."

Fakta lain menyebutkan AFC menolak usulan ini pada 30 November 2011. AFC menyatakan tidak ada pergantian klub.

AFC lalu meminta konfirmasi kepada PSSI. Dan PSSI memberikan jawaban yang tidak jauh berbeda dengan keputusan 2 Desember 2012.  

Berdasarkan fakta yang disampaikan dalam persidangan, maka sebagian besar anggota panel CAS mempertimbangkan tuntutan kubu Persipura. Selanjutnya lewat keputusan sela, CAS memenangkan tim asal Papua itu dan menyatakannya layak ikut playoff LCA 2012.

"Klub (Persipura) akan merasakan dampak yang sangat menyakitkan bila tidak mengikuti kompetisi Liga Champions Asia. Sedangkan sebagian besar panel setuju bila PSSI tidak mendapatkan dampak apa pun dengan absennya Persipura di Liga Champions,” isi surat CAS.

Deputi Bidang Hukum PSSI, Finantha Rudi membenarkan kalau PSSI telah berkirim surat kepada AFC pada 29 November 2011. Menurutnya, surat ini merupakan jawaban atas surat AFC pada hari yang sama mengenai kelanjutan nasib Persipura. 

"Namun, dalam surat itu kami tidak meminta agar Persipura diganti klub lain. Tapi, pada saat tahu ada slot kosong, kami mengusulkan apabila memungkinkan menominasikan agar jatah itu diganti dengan klub lain," kata Finanta, Kamis 16 Februari 2012. 

"Dalam regulasi AFC, kami hanya berhak menominasikan namun yang menentukan adalah AFC," sambung Finantha. 

Finanta juga menambahkan pihaknya sudah berusaha untuk membantu Persipura sejak 1 November 2011. Bahkan, pada 14 November, PSSI menunjuk manajer Persipura, Rudi Maswi sebagai wakil di AFC.

"Dan sampai saat ini dukungan itu belum juga kami cabut meskipun sekarang Persipura bermain di luar kompetisi resmi," tutur Finantha. (one)

 

 

 



© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
  • @farik.afandi

    24 Februari 2012
    setuju KLB
  • @skakmate

    21 Februari 2012
    Knapa nggak ngajuin persebaya/jakarta FC aja.. kan klub kesayangan tu...
  • PSSIx Johar lebih cocok berkompetisi dgn angelina sondakh dpada mengurus bola....
    • cepotbolaindo
      19 Februari 2012
      PSSI telah memulai dengan banyak program. Dan itu sangat baik. Keberanian PSSI untuk menggilas penghambat kemajuan sepakbola harus terus ditingkatkan. Maju terus. Nanti kalau semuanya sudah berhasil, rakyat juga pasti akan mendukung.
    • lucn
      18 Februari 2012
      gue setuju gan
  • @cepotbolaindo

    17 Februari 2012
    Saya kira harus ditendang jauh-jauh klub yang membelot. Anggep klub begitu seperti OPM gitu lho, harus diperangi secara terang-terangan. kenapa takut mengakui hal yang benar. PSSI jangan takut melakukan hal benar menurut statuta. FIFA pasti mendukung!
    • cepotbolaindo
      19 Februari 2012
      Kalau ngeliatnya cuma karena pendukungnya aja yg besar terus PSSI gentar, ya serahkan lagi aja kepemimpinan ke Nurdin Halid lagi. Disinilah perlu keberanian PSSI untuk menjalankan kompetisi baru. Nanti juga pendukung beralih kalau sudah berhasil.
    • henzo
      18 Februari 2012
      anda salah, 18 klub isl disamakan dgn OPM sama dengan kehancuran...apalagi 18 klub tersebut mempunyai pendukung yang sangat besar, harusnya PSSI mikir bisa di cuekin sama 18 klub besar...
    • delekhen
      17 Februari 2012
      justru PSSI lah yg akan ditendang jauh2 dari FIFA...PERSIPURA n tim2 yg berlaga di ISL brda dijalur yg benar....
  • Hahaha.. ketahuan kan tuh kerjaannya si djohar cs, malu2in negara aja, bagus tuh org2 di arbitrase bkn model org2 disini yg gampang disuap/ditakut2in.. Ganti semua pengurus sm org2 muda yg blm pernah jd pengurus PSSI, masih bnyk org2 muda yg capable !
  • @adhi_lanus

    16 Februari 2012
    ah itu hanya alasan PSSI untuk menggantinya dengan Arema Indonesia versi IPL karena ada kepentingan yang menaunginya.Sadarlah,Pak Djohar!Masyarakat Indonesia membutuhkan perbaikan kompetisi sepakbola secara riil,bukan janji belaka dan bukan sebaliknya!
  • @prastanov

    16 Februari 2012
    emang PSSI mash ada ya??? kalau saya sudah menganggapnya mati jadi semua pertandingan yang diselenggarakan oleh organisasi yang mengaku PSSI tidak akan saya tonton...
  • @deddy.oct

    16 Februari 2012
    Pada 29 November 2011, PSSI mengirimkan surat permohonan kepada AFC untuk mengganti Persipura dengan Arema Indonesia pada pada playoff Liga Champions Asia. ... ck ck ck masih aja berkelitt... parahhh
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com