VIVABOLA

CAS Beberkan Upaya PSSI Jegal Persipura

Surat terbaru CAS menyatakan PSSI sempat mengusulkan pergantian Persipura dengan Arema.
Kamis, 16 Februari 2012
Oleh : Marco Tampubolon, Ali Usman
Demo Pendukung Persipura Jayapura

VIVAbola - PSSI mengklaim ikut memperjuangkan Persipura Jayapura untuk ambil bagian di Liga Champions Asia (LCA) 2012. Namun, fakta yang ada dalam surat terbaru CAS justru menyatakan bahwa PSSI sempat mengusulkan pergantian Persipura dengan Arema Indonesia. 

CAS menggaris bawahi langkah ini sebagai keputusan yang dibuat oleh PSSI. "Pada 29 November 2011, PSSI mengirimkan surat permohonan kepada AFC untuk mengganti Persipura dengan Arema Indonesia pada pada playoff Liga Champions Asia," tulis CAS dalam surat yang dikirimkan kepada KPSI, Selasa 14 Februari 2012.  

"PSSI beralasan Persipura tidak menjalani laga kandang pertamanya di Liga Prima Indonesia. PSSI selanjutnya menyertakan surat keputusan Komite Disiplin mengenai hukuman terhadap Persipura."

Fakta lain menyebutkan AFC menolak usulan ini pada 30 November 2011. AFC menyatakan tidak ada pergantian klub.

AFC lalu meminta konfirmasi kepada PSSI. Dan PSSI memberikan jawaban yang tidak jauh berbeda dengan keputusan 2 Desember 2012.  

Berdasarkan fakta yang disampaikan dalam persidangan, maka sebagian besar anggota panel CAS mempertimbangkan tuntutan kubu Persipura. Selanjutnya lewat keputusan sela, CAS memenangkan tim asal Papua itu dan menyatakannya layak ikut playoff LCA 2012.

"Klub (Persipura) akan merasakan dampak yang sangat menyakitkan bila tidak mengikuti kompetisi Liga Champions Asia. Sedangkan sebagian besar panel setuju bila PSSI tidak mendapatkan dampak apa pun dengan absennya Persipura di Liga Champions,” isi surat CAS.

Deputi Bidang Hukum PSSI, Finantha Rudi membenarkan kalau PSSI telah berkirim surat kepada AFC pada 29 November 2011. Menurutnya, surat ini merupakan jawaban atas surat AFC pada hari yang sama mengenai kelanjutan nasib Persipura. 

"Namun, dalam surat itu kami tidak meminta agar Persipura diganti klub lain. Tapi, pada saat tahu ada slot kosong, kami mengusulkan apabila memungkinkan menominasikan agar jatah itu diganti dengan klub lain," kata Finanta, Kamis 16 Februari 2012. 

"Dalam regulasi AFC, kami hanya berhak menominasikan namun yang menentukan adalah AFC," sambung Finantha. 

Finanta juga menambahkan pihaknya sudah berusaha untuk membantu Persipura sejak 1 November 2011. Bahkan, pada 14 November, PSSI menunjuk manajer Persipura, Rudi Maswi sebagai wakil di AFC.

"Dan sampai saat ini dukungan itu belum juga kami cabut meskipun sekarang Persipura bermain di luar kompetisi resmi," tutur Finantha. (one)

 

 

 

TERKAIT
    TERPOPULER