VIVABOLA

Istri Boediono Ikut Prosesi Siraman Aliya

Prosesi siraman dimulai pada pukul 13.00 WIB.
Selasa, 22 November 2011
Oleh : Maya Sofia, Dwifantya Aquina
Suasana sebelum siraman Aliya dimulai

VIVAnews - Istri Wakil Presiden Boediono, yakni Herawati Boediono dijadwalkan ikut serta dalam prosesi siraman calon mempelai wanita, Siti Ruby Aliya Rajasa yang berlangsung hari ini, 22 November 2011. Prosesi siraman dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Sebanyak 250 tamu undangan yang terdiri dari 100 orang keluarga, 135 undangan dan 15 tim sholawat akan mengikuti acara siraman yang digelar di halaman belakang kediaman Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Fatmawati Golf Mansion, Jakarta Selatan.

Acara siraman dimulai dengan pemasangan bleketepe (anyaman daun kelapa yang hijau) dan tuwuhan oleh orangtua calon mempelai wanita. Setelah itu dilanjutkan dengan pencampuran air siraman.

Pemasangan bleketepe akan dilakukan oleh Hatta Rajasa yang merupakan ayah kandung calon mempelai wanita, beserta istri, Okke Hatta Rajasa. Prosesi ini diikuti oleh saudara kandung Aliya, yakni Reza Rajasa dengan membawa bleketepe, dan Kusuma Anggraini yang membawa untaian padi menuju gapura.

Prosesi siraman akan diawali oleh kedua orang tua calon mempelai wanita, dilanjutkan kerabat keluarga yakni Siti Nurbaya dan Ida Abdul Azis. Selanjutnya, giliran istri Wakil Presiden, Herawati Boediono yang melakukan siraman, disusul Murniati Widodo AS dan Yusmin Bahusin.

Dalam adat Jawa, siraman merupakan upacara di mana sejumlah orang yang dituakan memandikan calon pengantin agar menjadi suci dan murni.

Dalam acara siraman itu Hatta Rajasa akan mengenakan surjan dipadu kain batik Yogya. Sedangkan, sang istri, Okke Hatta Rajasa akan mengenakan kebaya dipadu kain batik. Calon mempelai wanita sendiri akan mengenakan busana Yogya saat prosesi siraman.

Kemudian, calon mempelai wanita akan melakukan sujud sembah kepada kedua orang tua, keluarga yang dituakan dan kerabat dekat. Setelah itu, masuk ke acara puncak yakni siraman oleh kedua orang tua kepada calon mempelai wanita dan potong rikmo atau pemotongan rambut calon mempelai wanita. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER