VIVABOLA

Situs Candi Ditemukan di Yogyakarta

Ada empat bangunan candi. Candi bercorak Budha.
Jum'at, 23 September 2011
Oleh : Eko Huda S
penemuan situs candi abad X di Kampus Universitas Islam Indonesia, Sleman

VIVAnews -- Sebuah situs candi kembalikan ditemukan di Dusun Palgading, Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya, tak jauh dari situs Kimpulan Hindu di komplek Universitas Islam Indonesia. Candi yang ditemukan ini bercorak Budha.

"Temuan itu terdapat empat candi baru yang bentuk dan denahnya berbeda-beda semua. Namun yang satu belum jelas, karena masih dalam proses," kata Kepala Kelompok Kerja Pemugaran Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogya, Wahyu Astuti, kepada VIVAnews.com, Jumat 23 September 2011.

Menurut Ketua tim ekskavasi situs Palgading di komplek UII ini, dari keempat candi yang ditemukan, baru tiga bangunan yang sudah diketahui luasnya. Bangunan candi yang letaknya paling selatan seluas 13,23x17 meter, candi yang berada di tengah luasnya 8,6 meter, dan candi di sisi utara seluas 8,85x8,85 meter. "Untuk candi paling utara masih dalam proses, jadi belum diketahui luasnya," kata Wahyu Astuti.

Tak hanya bangunan candi, dari situs tersebut juga ditemukan arca Awalokiteshwara yang merupakan simbol Budhisatwa dalam penyembahan Budha. Selain itu, juga ditemukan fragmen gerabah, namun bentuknya sudah tidak utuh lagi. Pada candi yang terletak di sisi utara juga terdapat stupa berukuran besar, sedangkan prasasti dalam candi masih belum berhasil ditemukan.

"Hingga akhir september ini masih kami lakukan ekskavasi sembari lakukan studi lapangan," ujarnya.

Menurut Astuti, situs Palgading itu sudah ada sejak abad IX hingga X atau pada masa kejayaan agama Hindu dan Budha. Berdasarkan catatan Belanda, pada 1925 ditemukan stupa dalam candi, namun letaknya belum diketahui. "Kalau stupa yang ditemukan di palgading ini jelas berbeda dengan catatan Belanda. Stupa ini sangat besar," imbuhnya.

Sementara itu, situs Palgading ditemukan pada tahun 2006 dan proses ekskavasi dilanjutkan pada tahun 2011. Hingga sekarang ditemukan 4 candi yang terletak berjajar dari selatan keu tara. Arca Awalokiteswara ditemukan dicandi paling selatan dan stupa ukuran besar pada candi sisi utara atau candi ketiga. Sedangkan pada bagian timur candi, terdapat batu-batu gundul.

"Zaman dulu, Hindu dan Budha berdekatan, menjadi bukti pada masa itu sudah ada sinkretisme agama. Kalau zaman sekarang istilahnya kerukunan antar umat beragama," terangnya.

Laporan: Erick Tanjung l Yogyakarta, umi

TERKAIT
TERPOPULER