VIVABOLA

Peringkat FIFA, Indonesia di Bawah Thailand

Sukses Jepang menjadi juara Asia mengatrol posisi tim Samurai Biru 12 tangga.
Kamis, 3 Februari 2011
Oleh : Amril Amarullah
foto ilustrasi timnas indonesia

VIVAnews - Minimnya laga internasional yang dilakoni tim nasional membuat posisi Indonesia mengalami penurunan peringkat dalam daftar ranking FIFA yang dirilis, Rabu, 3 Februari 2011.

Berdasarkan daftar yang dikeluarkan FIFA, Indonesia turun tiga tangga dari peringkat ke-126 menjadi 129. Hal itu disebabkan selepas Piala AFF 2010, tidak ada pertandingan internasional yang dijalani tim nasional, sehingga tidak mendapatkan poin yang dapat mempertahankan posisi Indonesia.

Nasib serupa juga dialami Thailand yang merosot satu tangga ke peringkat 120. Begitu juga dengan Singapura yang merosot tiga tangga ke posisi 142.

Namun, tim-tim ASEAN lainnya justru mengalami peningkatan seperti Vietnam dan Malaysia yang naik dua tangga. Vietnam kini di peringkat 134 dan Malaysia (140). Sedangkan Filipina naik satu peringkat ke posisi 152.

Sementara itu, sukses Jepang meraih gelar juara Piala Asia 2011 membuat tim Samurai Biru naik 12 tangga ke posisi 17. Sedangkan Australia yang tampil sebagai runner-up naik lima peringkat ke posisi 21.

Penurunan drastis dialami Mesir. Negara yang sedang diguncang masalah politik itu mengalami penurunan 33 tangga. Kendati berstatus sebagai juara Afrika, gelar tersebut dianggap sudah kadaluwarsa, karena telah lebih dari satu tahun.

Spanyol masih menempati posisi teratas dengan poin yang sama seperti bulan lalu. Secara keseluruhan, tidak ada perubahan dari posisi pertama hingga sembilan di daftar ranking FIFA. (Goal)

Daftar Sepuluh Besar FIFA:
1. Spanyol
2. Belanda
3. Jerman
4. Brasil
5. Argentina
6. Inggris
7. Uruguay
8. Portugal
9. Kroasia
10. Yunani

Sepuluh Besar ASEAN:
1. Thailand
2. Indonesia
3. Vietnam
4. Malaysia
5. Singapura
6. Myanmar
7. Filipina
8. Kamboja
9. Laos
10. Brunei

TERKAIT
TERPOPULER