VIVABOLA

SBY Sudah Terima Dua Nama Calon Kapolri

Mereka: Komisaris Jenderal Pol. Nanan Soekarna, dan Komisaris Jenderal Pol. Imam Soedjarwo
Kamis, 16 September 2010
Oleh : Ismoko Widjaya, Sandy Adam Mahaputra
Afram Pernah Ikuti Pengajian SJ : Nanan Sukarna

VIVAnews - Markas Besar Polri sudah mengirimkan dua nama calon pengganti Bambang Hendarso Danuri sebagai Kapolri kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jika Presiden menyetujuinya, salah satu atau kedua nama itu akan dikirim ke Dewan Perwakilan Rakyat.

"Saya kira sudah," kata Kepala Divisi Humas Polri Brigjen Polisi Iskandar Hasan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 16 September 2010. "Satu-dua hari lalu, Presiden sudah terima dua nama. Tinggal diusulkan ke DPR."

Iskandar tidak bisa memastikan kapan dua nama itu akan dipublikasikan. Karena, kata dia, pengumuman nama calon Kapolri bukanlah kewenangan kepolisian melainkan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi.

Menurut seorang sumber VIVAnews.com di kepolisian, dua nama itu adalah Inspektur Pengawasan Umum Komisaris Jenderal Polisi Nanan Soekarna, dan Kepala Lembaga Pendidikan Polri Komisaris Jenderal Polisi Imam Soedjarwo.

Imam disebut-sebut memiliki kans lebih besar karena merupakan rekan satu angkatan Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo di Akademi Militer Nasional. Edhie tak lain adalah adik Ibu Negara, Ani Yudhoyono,

Bintang di pundak Imam bertambah satu setelah Presiden SBY menandatangani Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Restrukturisasi Organisasi Polri. Salah satu isinya menetapkan kursi Kepala Lemdiklat dijabat perwira berbintang tiga. (kd)

TERKAIT
TERPOPULER